Harga Samsung Galaxy J5 Pro dan spesifikasi terbaru

Harga Samsung Galaxy J5 Pro dan Spesifikasi Unggulan

  • Harga : 3.6 Jutaan
  • Tahun Pembuatan : 2017
  • Ram: 3 GB
  • Jaringan : 4G LTE-A (2CA) Cat6 300/50 Mbps
  • Internal Memori : 32 GB
  • Kamera depan: 13 MP, f/1.9
  • Kamera Belakang: 13 MP, f/1.7, autofocus, LED flash
  • Layar : 5.2 Super AMOLED 16M
  • OS : Android 7.1.1 Nougat
  • CPU Exynos 7870 Octa, Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53, GPU Mali-T830MP2
  • Batre : 3.000 mAh Non Removable
  • SIM Card : Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Paket Penjualan : Handset, Charger, Kabel Data, Screen Guard, Kartu Garansi, Buku Panduan, Clear Case, Pin Ejector
  • Warna : Blue, Pink, Gold, Black

Samsung Galaxy J5 Pro ini merupakan ponsel kelas menengah yang dihadirkan pabrikan asal Korea ini setelah sebelumnya resmi mengumumkan smartphone flagship. Bukan hanya satu model saja, Samsung Mobile Indonesia sudah mulai meluncurkan 2 smartphone Galaxy J terbarunya dan salah satunya adalah Samsung Galaxy J5 Pro.
Yang merupakan penerus dari ponsel Galaxy J5 2016, yang mana pada update terbaru ini banyak sekali dihadirkan pembaharuan baik dari segi dapur pacu yang lebih bertenaga, atau fitur pendukung yang lebih apik dan juga paket penjualan yang lebih menarik.

Harga Samsung Galaxy J5 Pro dipasaran sendiri di bandrol senilai Rp 3.599.000,- meskipun masih termasuk kemahalan jika kita lihat segmen pasar yang dibidik.

Akan tetapi pihak Samsung sangatlah percaya diri dalam menjual smartphone terbarunya ini. Perubahan yang paling mencolok dari model sebelumnya adalah penggunan body metal yang membuat perangkat ini memiliki tampilan yang menawan selain itu fasilitas fotografi yang ditanamkan juga cukup menggoda.

Untuk anda yang penasaran dengan harga jual Samsung galaxy J5 pro apakah sesuai dengan spesifikai serta fitur yang dibawakan silakan anda simak review selengkapnya berikut ini

Desian Samsung Galaxy J Pro

Perubahan cukup segnifikan dihadarikan dalam galaxy J5 pro kal ini, ponsel J series terbaru ini hadir dengan material body metal pada setiap sisi serta dikombinasikan dengan lekukan garis dibagian atas dan bawah bagian belakang yang membrikan kesan menawan

Kesan pertama saat menggunakan ponsel ini adalah adanya kesan nyaman. Bukan hanya nyaman dan tidak licin saat digenggam, build quality yang membuatnya tampil solid dan keren. Secara keseluruhan desainnya dibuat agak membulat di setiap sudutnya, selain tampilanya yang keren, Samsung Galaxy J5 pro ini juga tampil dengan desain yang slim dimana ketebalan body hanya 8 mm saja.

Untuk menambah menarik tampilanya, Samsung memberikan bonys jelly case disetiap pembelian produk secara gratis. Ada hal yang membedakan jelly case dalam paket penjualan smartphone pada umumnya, jelly case yang disertakan samsung bersudut tebal dan pastinya memberikan perlindungan yang lebih ketika perangkat ini terjatuh.

Bukan hanya itu saja, pada bagian belakang jelly case terdapat garis-garis yang membuatnya kesat saat digenggam.
Ukuran body Samsung Galaxy J5 pro sangat pas untuk gengaman tangan orang Indonesia, wabil khusus kaum perempuan, dengan kombinasi layar berukuran 5,2 inci yang tertanam ditambah lapisan bezel yang tipis serta lapisan kaca 2.5D semakin membuat perangkat ini tampil elegan.

Untuk tombol tidak ada perbedaan yang signifikan dengan pendahulunya. Dibagian atas kiri Samsung menempatkan tombol volume, dibawahnya ditempatkan dua slot SIM card, dimana slot pertama dapat diisi dengan SIM utama, sedangkan slot yang kedua anda bisa menaruh SIM kedua serta bagian microSD yang terpisah. Sementara dibagian kanan pengguna akan menemui tombol power serta lubang speaker yang terletak tepat diatasnya.

Dibagian bawah terdapat satu tombol Home yang dilengkapi dengan dua tombol kapasitif recent apps dan back. Posisi jack audio 3.5mm masih setia ada dibagian bawah serta port microUSB 2.0 yang berfungsi sebagai media pengisian baterai dan sebagai media penghubung ke perangkat PC ataupun notebook.

Masuk kebagian atas, pengguna akan menemui kamera depan dengan resolusi 13 megapiksel dan lampu flash LED untuk membantu penerangan ketika melakukan aksi selfie pada kondisi cahaya yang minim. Beralih kebagian belakang Samsung menempatkan kamera utama dan lampu flash LED dibagian atas, tepat dibawah sensor kamera tertanam logo Samsung.

Tampilan Samsung Galaxy J5 Pro

Beralih ke tampilan layar, Samsung Galaxy J5 Pro menghadirkan balutan panel layar dengan teknologi Super AMOLED yang berukuran 5.2 inci dengan resolusi layar HD 720p.

Jika dilihat dari kualitas layar yang ditampilkan, ponsel ini memiliki layar yang tajam serta jernih yang mana hal ini memberikan kenyamanan saat digunakan baik di dalam ruangan maupun luar ruangan. Tidak hanya itu saja jika pengguna kurang suka dengan tampilan layar yang ada, anda bisa dengan mudah mengganti mode layar yang tertanam dengan beragam mode layar yang telah disediakan oleh Samsung untuk beragam situasi. disediakan 4 mode layar yang secara khusus dibawakan oleh Samsung untuk beragam situasi yang berbeda, diantaranya Adaptive display, AMOLED Cinema, AMOLED photo dan basic. Tak hanya itu, ada juga bisa mengubah settingan warna dasar yang tersedia yakni merah, biru dan hijau.

Selain 4 mode layar diatas, Samsung juga menambahkan fitur Blue Light Filter yang fungsinya untuk memberikan perlindungan mata saat membaca atau menikmati konten video. Beragam pengaturan mulai dari font, icon hingga ukurannya bisa anda rubah sesuai keinginan pengguna.

Beranjak ke bagian sisi antarmuka, Samsung Galaxy J5 Pro yang menggunakan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat dan masih dengan UI buatan mereka yakni TouchWiz UI.

Beragam peningkatan fitur sudah tersedia di perangkat ini, dimulai dari system Multi window yang memungkinkan para pengguna untuk menggunakan dua aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Tersedia pula mode One-handed mode, Quick launch camera, Direct Call, Smart Alert, Easy Mute, Swipe to call, Dual Messenger, Send SOS messages hingga Direct Share telah tersedia diperangkat ini.

Ada beberapa aplikasi pendukung yang disertakan guna memberikan kemudahan kepada kita dalam beraktiftas, bekerja, bermain game sampai bermain medsos sudah tersedia cukup lengkap dalam galaxy J5 Pro ini. Untuk mendukung aktivitas kerja, beragam aplikasi Microsoft sudah tersedia secara Cuma-Cuma, untuk aktivitas olahraga Samsung menyediakan aplikasi S Health jika dirasa masih kurang, anda bisa mengunduhnya di Galaxy Apps.

Ada hal lain lagi yang cukup menarik yakni adanya fitur baru berupa Secure Folder, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan beragam file data seperti foto, catatan, dan aplikasi penting lainnya. Nilai tambah lainnya, anda bisa mengkloning aplikasi yang disimpan untuk tetap ditampilkan pada menu utama.

Performa Samsung Galaxy J5 Pro

Peningkatan yang sangat mencolok dengan seri sebelumnya, bukan hanya pada sisi desian saja, namun dari spesifikasi hardware yang dibawakan juga mengalami perubahan yang sangat mencolok. Jika dua seri Galaxy J5 sebelumnya hanya menggunakan prosesor quad-core, Galaxy J5 Pro seri terbaru ini sudah dibekali dengan prosesor octa-core 1.6GHz.

Tidak cukup sampai disitu, Samsung Galaxy J5 Pro juga menggunakn chipset Exynos 7870 Octa, yang padukan dengan prosesor octa-core 1.6 GHz Cortex-A53 dengan dukungan grafis Mali-T830MP2. Chiset yang tertanam sudah dikombinasikan dengan RAM sebesar 3GB dan kapasitas memory internal sebesar 32GB. Cukup wajar jika melihat dari harga Galaxy J5 Pro ini, Samsung memberikan dukungan RAM dan memory internal yang lebih besar.

Setelah beberapa hari di uji coba, tidak ada kendala yang berarti saat mencoba perangkat ini untuk bermain game, aktivitas fotografi hingga bersosialisasi di aplikasi sosial media. Jika dilihat dari spesifikasi yang ditanamkan hal ini cukup wajar.

Tak sekedar melakukan pengujian dengan menggunakan perangkat ini untuk aktivitas sehari-hari. Kamu juga menguji perangkat ini dengan aplikasi benchmark. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tinggi skor benchmark yang didapat oleh Samsung Galaxy J5 Pro. Seperti biasa kita melakukan 4 uji benchmark seperti Antutu, GeekBench, NenaMark 2 dan 3D Mark.

Dari pengujian dengan aplikasi benchmark, skor rata-rata yang didapatkan terbilang sangat baik. Jika dilihat dari harga yang ditawarkan hal ini tidak terlalu aneh, karena dengan harga yang ditawarkan sudah semestinya perangkat ini memiliki kinerja yang baik.

Jika dibandingkan dengan produk yang setara dari sisi harga yang ditawarkan seperti Vivo V5s dan Asus Zenfone 3 Laser ZC551KL, Samsung Galaxy J5 Pro memiliki skor benchmark yang lebih tinggi pada dua aplikasi benchmark yang biasa KAMI gunakan seperti Antutu dan GeekBench 4, sedangkan skor 3D Mark (Sling Shot Extreme) skor yang didapat Galaxy J5 Pro kalah tipis dari kedua smartphone tersebut.

Tak lupa pula, KAMI juga melakukan pengujian secara intens untuk mengetahui performa grafis dan kinerja yang dihasilkan. Untuk pengujian kinerja grafis, KAMI memainkan game Asphalt 8 dan Strikers 1945-2. Hasilnya perangkat ini cukup mampu untuk memainkan kedua game ini dengan baik.

Berikut skor benchmark yang didapatkan:

  • Antutu 46542
  • 3D Mark (Sling Shot Extreme) 229
  • NenaMark 2 60.2 fps
  • GeekBench 4 | Single Core | Multi Core 731 | 3631

Meski mengalami penurunan kapasitas baterai dibanding Samsung Galaxy J5 (2016) namun daya tahan yang diberikan perangkat ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Berbekal kapasitas baterai 3000 mAh, Samsung Galaxy J5 Pro memiliki daya tahan baterai yang cukup baik untuk digunakan aktivitas sehari-hari seperti bermain game, menonton video, mendengarkan musik hingga aktivitas sosial media. Samsung Galaxy J5 Pro masih dapat digunakan selama 10 jam lebih dengan penggunaan yang cukup aktif.

Untuk membuktikannya, KAMI melakukan rangakaian test untuk mengetahui seberapa baik daya tahan baterai yang tertanam pada Galaxy J5 Pro. Untuk mengetahui hal tersebut, KAMI melakukan beragam test untuk menguji kinerja baterai mulai bermain game, streaming dan browsing, menonton video HD serta mendengarkan musik. Semua aktivitas ini dilakukan masing-masing selama satu jam. Dari pengujian dengan empat variabel diatas pengurangan kapasitas baterai hanya mencapai 60% dari kondisi awal 100%.

Satu hal yang cukup disayangkan adalah, absennya fitur fast charging pada ponsel ini. Dengan kapasitas baterai yang cukup besar, pengguna harus berlama-lama dalam melakukan pengisian baterai.
Jenis Aktivitas Persentasi pengurangan

  • Menonton video HD 60 menit 14 % (95% – 81%)
  • Mendengarkan musik 60 menit 6%
  • Bermain game HD 60 menit 25 %
  • Browsing Internet LTE dan Download 60 menit 15 %

Kamera Samsung Galaxy J5 Pro

Kehadiran Samsung Galaxy J5 Pro di tanah air sepertinya lebih memfokuskan diri pada pecinta ponsel fotografi. Bagaimana tidak, kamera yang tertanam pada perangkat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan fotografi pengguna mulai dari foto outdoor, selfie, rekam video hingga aksi vlogging pengguna.

Galaxy J5 Pro hadir dengan kamera utama beresolusi 13 megapiksel dengan diafragma f/1.7 yang mampu membidik objek dengan baik meski dalam kondisi cahaya yang minim. Untuk kamera depan yang tertanam juga dibekali dengan resolusi yang sama yakni 13 megapiksel namun dengan diafragma yang berbeda f/1.9. Nilai tambah kamera depan yang tertanam adalah hadirnya lampu flash LED yang semakin memanjakan pecinta selfie dalam aksinya walaupun dilakukan pada ruangan indoor sekalipun.

Dari beberapa kali pengujian yang KAMI lakukan, kemampuan foto outdoor Galaxy J5 Pro sudah bisa diandalkan kemampuannya. Mau foto HDR, Bokeh, Macro ataupun yang lainnya perangkat ini dapat melakukannya dengan baik.

Tak hanya kamera belakang yang bisa diandalkan, kamera depan Galaxy J5 Pro juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan kualitas foto yang sangat baik untuk aktivitas selfie ataupuna vlogging. Kualitas foto selfie yang didapat lebih natural, tajam dan jernih. Hal ini cukup berbeda dengan para pesaingnya, yang memiliki hasil kamera depan yang terlalu manipulatif dan over brightness. Kamera depan yang tertanam juga dibekali dengan berapa mode diatantaranya adalah mode Sound & Shot dan Wide Selfie.

Untuk mode Wide Selfie yang tertanam mengharuskan pengguna untuk menggerakan ponsel ke kiri dan ke kanan secara teratur. Fitur ini cukup menarik dimana pengguna bisa melakukan foto selfie dengan teman secara bersamaan. Meski begitu mode ini terasa hambar jika dibandingkan dengan mode wide selfie yang tertanam pada smartphone yang memiliki kemampuan wide-selfie secara natural seperti pada perangkat LG K10 Power dan LG Stylus 3.

Tak hanya itu, pengguna juga memaksimalkan fitur kamera yang tersedia mulai dari fitur Pro, Panorama, Continuos Shot, HDR, Night, Sports dan Sound & Shot. Sayangnya untuk mode Pro, pengguna hanya diberi akses untuk mengedit ISO, WB dan masukan cahaya.

Masuk ke mode perekaman, kemampuan merekam video pada Samsung Galaxy J5 Pro tidak jauh berbeda dengan perangkat smartphone sekelasnya.

Galaxy J5 Pro dapat merekam video dengan resolusi Full HD 1080p. Dari beberapa kali pengujian yang dilakukan oleh KAMI, kualitas video yang ditawarkan terbilang standar. hal ini dikarenakan mode video yang tertanam tidak diberikan kemampuan untuk meredam goncangan serta tambahan fitur untuk memaksimalkan hasil video yang didapat.

Konektivitas Samsung Galaxy J5 Pro

Konektivitas merupakan salah satu fitur andalan pihak Samsung guna menarik minat pembeli. Hal ini bukan tanpa alasan, karena Galaxy J5 Pro sudah dilengkapi dengan fasilitas koneksi yang cukup mumpuni dikelasnya.
Dimana perangkat ini sudah mendukung jaringan 4G LTE Cat.6 yang memiliki kecepatan data download bisa mencapai 300 Mbps sertan kecepatan upload mencapai 150Mbps.

Akan tetapi untuk mendapatkan kecepatan tersebut harus disesuaikan dengan layanan dan jangkauan sinyal yang disediakan oleh operator anda. Saat ini untuk memperoleh kecepatan 4G LTE Cat.6 baru bisa diakomodasi oleh beberapa operator Nasioanal saja. Selain itu, area yang mampu mengakomodasinya masih sangat terbatas di kota-kota besar saja. Meski begitu, hal ini sudah sangat menggoda bagi pengguna.

Kemampuan jaringan internet yang mampu diakomadasi oleh Galaxy J5 Pro sudah mendukung teknologi TDD LTE dan FDD LTE. Jika dilihat dari teknologi yang diadopsi, perangkat ini seharusnya sudah bisa digunakan oleh semua operator yang ada di dalam negeri.

Akses koneksi lain yang juga ada pada Galaxy J5 Pro adalah NFC, akan tetapi fitur ini belum belum bisa dimaksimalan oleh pengguna di Indonesia, karena fungsi NFC yang tertanam hanya bisa digunakan untuk melakukan transfer data semata. Teknologi ini bisa dibilang mubazir untuk saat ini, karena fungsi NFC sebenarnya difungsikan untuk melakukan pembayaran secara virtual akan tetapi hal ini ini belum bisa dihadirkan di Indonesia.
Akses koneksi lainnya yang juga hadir menghiasi Leisure L7 antara lain, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth v4.1, GPS + A-GPS dan Glonass.

Beragam fitur menarik sudah hadir di perangkat ini, mulai dari fitur multimedia, hingga fitur menarik lainnya. Fitur multimedia yang tersedia pada perangkat ini tak jauh berbeda dengan seri Galaxy J5 sebelumnya. Perangkat ini menyediakan aplikasi pemutar musik, aplikasi untuk menonton video hingga mendengarkan Radio. Sayangnya fitur DTS Sound yang sebelumnya ada pada Samsung Galaxy J5 Prime kini tidak tersedia pada perangkat ini. Alhasil, pengguna harus puas dengan kinerja audio yang tertanam.

Salah satu fitur yang menarik yang telah tersedia pada perangkat ini adalah Dual Messenger, dimana fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan dua akun yang berbeda pada aplikasi sosial media seperti Facebook, Line dan Skype. Hal ini cukup menarik dengan fitur ini pengguna bisa semakin aktif lagi di ketiga aplikasi tersebut dengan dua akun yang berbeda. Sayangnya, aplikasi tenar lainnya seperti Whatsapp dan Telegram tidak mendukung fitur ini.

Fitur menarik lainnya adalah Games Tools, fitur ini memungkinkan pengguna untuk bereksplorasi saat bermain game. Fitur ini memberikan akses kepada pengguna untuk melakukan screenshot hanya dengan satu sentuhan saja. Selain itu, fitur ini dapat mematikan semua notifikasi pada saat pengguna asik bermain game. Tak hanya itu, pengguna juga bisa merekam saat pengguna memainkan game. Menariknya, dengan fitur ini anda juga bisa menonaktifkan tombol recent apps dan back yang biasanya menggangu saat permainan dilakukan.

Samsung Galaxy J5 Pro bukan hanya mengandalkan tampilan desain yang menarik, ponsel ini juga menawarkan performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan ponsel sekelasnya. Bukan hanya itu saya, fitur fotografi yang dibawakan juga memberikan kemampuan kepada pengguna untuk bereksperimen dengan beragam fitur yang sudah disediakan. Dengan kemampuan fotografi yang dimiliki perangkat ini cukup menggoda untuk dimiliki, meskipun label harga yang ditawarkan cukup tinggi. Meski begitu pengguna juga akan mendapatkan fitur pendukung lainnya yang tak kalah menarik.

Kelebihan Samsung Galaxy J5 Pro

  • Menggunakan jaringan 4G LTE Cat.6
  • OS sudah memakai Android Nougat 7.1.1
  • Dari segi Performa sangatlah bagus
  • Handal untuk Selfie
  • Lubang MicroSD Terpisah dengan sim Card

Kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro

  • Layar Masih HD
  • Belum menggunakan teknologi Fast Charging
  • Harga yang ditawarkan masih terlalu mahal

Demikain ulasan yang bisa kita berikan mengenai harga Samsung Galaxy J5 pro serta spesifikasinya, semoga bermanfaat buat anda semua, mungkin ada sedikit perbedaan harga disetiap daerah, akan tetapi hal tersebut sangat lah wajar.