Samsung Galaxy Note 8, harga dan spesifikasi lengkap

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 8 dan Perkiraan Harga

  • Harga: Perkiraan Sekitar Rp 12 juta an
  • Layar: 6,3 inch Super Amoled resolusi 2960 x 1440 pixel dengan kepadatan pixel 521 ppi plus Corning Gorilla Glass 5
  • Prosesor: Qualcomm Snapdragon 835 atau Exynos 8895 Octa
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB/128 GB/256 GB
  • Kamera ganda: masing-masing 12 megapixel. Kamera pertama bukaan f/1.7, kamera kedua bukaan f/2.4 Dibekali OIS, phase detection autofocus, 2x optical zoom, dan dual-LED (dual tone) flash.
  • Kamera depan: 8 megapixel bukaan f/1.7 dengan autofocus
  • Baterai: 3.300 mAh dengan isi ulang cepat dan wireless fast charging.
  • OS: Android 7.1.1 Nougat
  • Sertifikasi IP68: tahan debu dan air sampai kedalaman 1,5 meter selama 30 menit
  • Bluetooth: 5.0
  • Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac with dual band support
  • USB: Type C
  • Headphone: colokan standar 3,5 mm

Perangakat Samsung Galaxy Note 8 sudah resmi dirilis dimana ada beberapa fitur yang menjadi jagoan baru ponsel asal Korsel ini, dalam acara peluncuran yang diadakan di Park Avenue Armory, New York, Amerika Serikat, Rabu (23/8/2017), Samsung pun meperlihatkan fitur unggulan untuk ponsel terbarunya ini.

Layar penuh

Fitur unggulan yang pertama adalah adalah ukuran layarnya. Dengan mengunakan teknologi Infinity Display, Galaxy Note 8 memakai layar dengan ukuran selebar 6,3 inch berasio aspek layar 18,5:9. Dengan ukuran itu, para pengguna akan lebih enjoy saat menonton video dengan layar penuh.

Bukan hanya itu saja, Samsung juga ikut menghilangkan penggunaan tombol Home, Back dan multitasking yang ada di layar. Mereka tetap dapat diakses secara virtual layaknya seri yang telah lebih dulu dirilis, Galaxy S8 dan S8+.

Mengusung Serba Dual Kamera
Ini merupakan fitur yang menjadi unggulan yang paling utama, dimana dengan mengusung tagline ‘serba dual’. Hal ini terlihat dari dual camera, dual pixel, dan dual OIS yang terpasang di kamera utamanya. Pada smartphone galaxy note 4, Samsung menggunakan dual lens, yang mana kedua kamera tersebut bisa secara aktif menangkap objek yang akan difoto.

Berbekal teknologi Auto Focus (AF) versi terbaru, kamera depan dan belakang smartphone bisa melacak fokus dengan lebik baik tanpa harus takut fokus kamera kabur ke objek lainnya.

Masih dari sisi kamera, Samsung juga membawakan fitur Selective Focus untuk kamera utamanya. Dengan fitur ini, memungkinkan para pengguna memilih atau ingin mengambil fokus belakang atau depan sebagai hasil fotonya. Fitur ini dapat digunakan baik sedang akan mengambil foto atau pun sedang preview foto.

Samsung membekali galaxy note 8 dengan kamera depan berukuran 8 MP serta kamera belakang 12 MP untuk kedua lensanya. Katanya, kedua kamera di phablet ini memiliki aperture f/1,7 dan berkemampuan 2x optical zoom dan 10x digital zoom.

Teknilogi S Pen
S pen merupakan fitur pembeda dari Galaxy Note. Akan tetapi pena digital yang satu ini sangat berbeda dengan seri sebelumnya. Memang, teknologi ini sudah bisa dipakai untuk menulis basah-basahan seperti di Note 7 karena sudah dapat IP68, namun tak hanya itu yang jadi unggulan.

Bagi pengguna Note setia tentu sudah tak asing dengan fitur Screen Off Memo yang ada di Note sebelumnya. Di Note 5, fitur ini memang sudah memiliki kemampuan untuk mencatat, meskipun layar smartphone dalam keadaan mati. Sayangnya, kemampuan ini hanya bisa mengambil satu halaman saja.

Nah, di Galaxy Note 8 ini, Samsung ikut meningkatkan kemampuan Screen Off Memo. Tak hanya ditingkatkan jadi dua, tiga, atau sepuluh, tapi hingga 100 halaman memo di dalam aplikasi S Note.

Bukan hanya itu saja, S Pen baru ini bisa digunakan langsung, bahkan meski stylus sedang tidak terpasang di slotnya. Di seri sebelumnya, pengguna harus memasang stylus S Pen tersebut kembali ke dalam slot sebelum S Pen dapat digunakan.

Samsung pun sedikit memoles ujung S Pen agar lebih kecil dan tajam. Tujuannya supaya lebih sensitif sehingga dapat menulis atau menggambar sesuai goresan stylus di layar phablet ini.

Kemampuan untuk menerjemahkan tulisan di gambar atau foto juga dapat peningkatan. Tak hanya kata per kata, tapi sudah bisa satu kalimat sekaligus. Fitur ini sejatinya sudah pernah hadir di Galaxy Note 7, namun hanya untuk tulisan kata per kata saja.

Apps Pair

Tak hanya mengalami peningkatan dalam kemampuan layar dan stylus, Samsung juga menghadirkan deretan aplikasi baru di dalam Galaxy Note 8 ini. Satu aplikasi yang menjadi unggulan adalah aplikasi Pair.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dua aplikasi sekaligus yang sudah dipasangkan secara manual. Saat aplikasi pasangan tersebut dibuka, maka akan muncul dengan tampilan layar split screen.

Ambil contoh saat pengguna membuka aplikasi yang berpasangan, seperti Google Maps dan Instagram yang sebelumnya sudah dipasangkan. Saat salah satu aplikasi dibuka, maka kedua aplikasi akan muncul secara bersamaan dengan tampilan terpisah.

Live Message

Fitur anyar yang dibawakan pada seri Galaxy Note 8 untuk mendukung kemampuan S Pen adalah Live Message. Dapat ditemukan di dalam Air Command, pengguna Galaxy Note 8 dapat mengirim pesan, baik berupa tulisan atau gambar, yang akan berubah menjadi gambar bergerak.

Cukup disayangkan, fitur ini hanya bisa aktif jika lawan bicaranya memiliki smartphone yang aplikasi pesannya sudah mendukung GIF. Sebagai tambahan, Samsung juga menambah jumlah fitur di Air Command dari hanya enam sebelumnya menjadi 10.

Hardware

Guna mendukung mobilitas dan kreativitas para pengguna, Galaxy Note 8 dipersenjatai dengan prosesor Exynos 8895 yang dipadukan dengan RAM sebesar 6 GB, serta memori internal 64/128/256 GB yang bisa diperbesar dengan memori eksternal via slot micro SD.
Bixby
Samsung juga memperkenalkan asisten virtual Bixby ke dalam Galaxy Note 8. Sudah terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lainnya, pengguna bisa memberi instruksi via suara ke Bixby ketika sedang menggunakan aplikasi tertentu.

Bixby merupakan gabungan antara Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dengan keseluruhan sistem dan Application Programming Interface (API) yang terbuka untuk pengembangan pihak ketiga.

Setelah debut pertama kali pada Galaxy S8 dan S8+, asisten pintar Samsung ini dilaporkan telah hadir di lebih dari 200 negara. Negara-negara yang dimaksud di antaranya adalah Inggris, Australia, Kanada, dan Afrika Selatan. Dimana sebelumnya fitur Bixby baru bisa dipakai di Korea Selatan dan Amerika Serikat saja.

Perkiraan Harga Samsung Galaxy Note 8

Setelah melihat pemaparan diatas, pastinya para penggemar ponsel Samsung akan bertanya kapan rencananya phablet flagship ini masuk ke Indonesia, dan berapa harga samsung galaxy note 8 di indonesia?

Pertanyaan itu coba ditanyakan kepada Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Denny Galant yang ikut menghadiri peluncuran Note 8 di Park Avenue Armory, New York, Amerika Serikat, Rabu (23/8/2017).

“Galaxy Note 8 baru bisa dipesan di Indonesia pada 8 September 2017 atau sekitar dua minggu dari sekarang. Pre-order akan kita buka di situs www.galaxylaunchpack.com,” ungkap Denny.

Setelah periode pemesanan ini berakhir, Galaxy Note 8 akan mulai dikirim ke konsumen pada akhir September. Jika berpatokan dari peluncuran Samsung sebelumnya, saat Galaxy Note 8 mulai dikirim ke pemesan, itu artinya perangkat tersebut telah resmi dijual bebas di Indonesia.

Sementara untuk harganya, Samsung belum memutuskannya di Indonesia karena harus terlebih dulu berbicara dengan para dealer dan distributor. Namun demikian, Denny sudah memberi patokan harga jual Galaxy Note 8 di Indonesia.

“Harganya nanti di atas kisaran Galaxy S8+,” pungkas Denny yang merasa yakin, walau dibanderol lebih mahal dari S8+, namun melihat apa yang bisa ditawarkan oleh Note 8 ini, ia yakin harga tersebut tetap akan menarik para pengguna loyal Samsung. Sebagai gambaran, Galaxy S8+ dulu awalnya dijual Rp 12 juta di Indonesia.

Demikian ulasan lengkap mengenai perkiraan harga dan spesifikasi Samsung galaxy Note 8 di Indonesia, semoga artikel ini bermanfaat buat anda para pecinta ponsel besutan Samsung.