Ponsel Murah Resmi bisa gunakan Android Go

Pada ajang Google I/O tahun 2017 yang diselenggarakan pada bulan Mei kemarin, google berjanji akan merilis Adroid khusus untuk ponsel kelas bawah, dan untuk memenuhi janji tersebut, hari ini google resmi merilis Adroid Go edisi Oreo, dimana OS ini sudah tersedis buat mereka para vendor ponsel maupun developer aplikasi.

Dengan demikian pelunjuran OS android Go ini tidak serta merta langsung tersedia untuk para pengguna. Konsep dari adanya Adroid Go ini sebenarnya sangat sederhana, yakni Android Oreo yang didesain untuk ponsel dengan RAM antara 512 MB sampai 1 GB. Untuk perbandingan saja, jika Pixel 2 — dan kebanyakan ponsel flagship lain punya RAM setidaknya 4 GB.

Guna memenuni janji mengenai pembuatan versi khusus dari Adroid Oreo ini memang tidak mudah, , karena Google juga perlu menyunat kebutuhan sejumlah aplikasi dasar di Android, seperti Google Assistant, Maps, Gmail, dan lainnya, demikian dikutip qwerty dari The Verge, Rabu (6/12/2017).

Meskipun sama sama di gunakan untuk ponsel kelas bawah akan tetapi Android Go berbeda dengan Android One. One adalah sebuah sistem di mana Google bekerja sama langsung dengan vendor pembuat ponsel untuk memilih fitur mana yang akan tersedia, juga untuk terus menyediakan pembaruan OS — mirip Nexus –.

Akan tetapi Android Go merupakan Android versi penuh yang tersedia melalui Android Open Source Project, dan bisa digunakan oleh semua vendor ponsel. Namun yang perlu diperhatikan, hal yang membuat Android Go istimewa adalah aplikasi dari Google yang ukurannya sudah diperkecil, dan belum terungkap bagaimana nasib aplikasi-aplikasi lain di luar itu.